Djogja Design
Home » » Mobil Esemka Tidak Lulus Uji Emisi Gara-gara 'Kegemukan'

Mobil Esemka Tidak Lulus Uji Emisi Gara-gara 'Kegemukan'

Written By Unknown on Friday, March 9, 2012 | 6:10 AM




Jakarta - Selain disebabkan oleh kinerja buruk katalisator converter, bobot Esemka yang mencapai 1.700 kg diakui sebagai faktor terbesar kegagalan Esemka Rajawali di uji emisi.

Hal itu diungkapkan Kordinator Pembelajaran Industri Kreatif di SMKN 2 Surakarta, Dwi Budhi Martono ketika dihubungi detikOto, Jumat (9/3/2012).

"Katalisator juga sebagai penentu, tapi salah satu penyebab terbesar adalah kelebihan bobot," kata Toto.

Menurut Toto, bobot SUV Esemka seharusnya kurang dari 1.700 kg dengan mesin 1.500 cc. Idealnya mobil mesin kapasitas 1.500 cc, SUV Esemka seharusnya berbobot 1.100-1.300 kg saja.

Seperti halnya Toyota Rush dengan mesin 1.500 hanya berbobot 1.200 kg (berat kosong), sementara jika dibandingkan dengan Honda CR-V 2.000 cc manual, SUV Esemka masih kalah ringan. Honda CR-V 2.000 cc manual memiliki bobot 1.553 kg.

"Esemka beratnya 1.700 kg. Harusnya mesin 1.500 cc bobotnya 1.100 - 1.300 kg. Sehingga melebihi beban yang semestinya. Jadi bobot harus kita kurangi, seperti mengubah pelat bodi dengan yang baru dan dengan dempul tipis. Bodi samping depan dan belakang seperti pintu akan kita rombak," kata Toto.

Ia menjelaskan meskipun Esemka Rajawali diuji dalam kondisi dinamis (diam) mulai kecepatan 0-120 km/jam, mobil tetap saja mengeluarkan emisi gas buang berlebihan. Hal itu karena bobot yang terlampau tinggi.

"Pada umumnya ketika berakselerasi CO akan naik. Nah, Esemka akan mengeluarkan emisi banyak dengan beban berat. Digambarkan seperti tanjakan padahal itu dinamis (diam). Mobil seperti over load jelas pengaruh kalau uji emisi dinamis," ucapnya.

"Selanjutnya kita akan kurangi dempul dan mengurangi bobot berlebihan lainnya," ujarnya.

Soal dempul yang banyak ini sempat disindir oleh Ketua DPR Marzuki Alie saat berkunjung ke Solo bulan Januari lalu.

"Beratnya luar biasa. Dempulannya kiloan. Puluhan kilo. Enggak apa-apa sih, mau dempulnya puluhan kilo, teruskan, kita dukung penuh," ujar Marzuki di Balai Kota Solo, Rabu (4/1/2012).


source: detik.com
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Home | Contact Us | Privacy Policy
Copyright © 2013. Automotive Design Share - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger