Djogja Design
Home » » Mobil Tanpa Pengemudi Segera Serbu Pasar

Mobil Tanpa Pengemudi Segera Serbu Pasar

Written By Unknown on Wednesday, April 11, 2012 | 9:26 AM




Jakarta - Lalu lintas jalanan di masa depan akan seperti film fiksi ilmiah. Sebab mobil yang bisa berjalan otomatis tanpa pengemudi diperkirakan akan ada di pasaran kurang dari satu dekade ke depan.

Berbicara di Universitas Michigan, Kepala Riset dan Pengembangan General Motors, Larry Burns mengatakan bahwa mobil tanpa pengemudi hampir pasti akan ada di showroom.(detikcom)
Paling cepat 2020 mobil tanpa pengemudi akan datang ke pasar. Dengan mobil otomatis tersebut, tiap penumpang akan diantarkan ke tempat tujuan masing-masing tanpa perlu memegang roda kemudi dengan potensi kecelakaan yang lebih minim dan waktu berkendara pun akan lebih cepat karena mobil akan meminta bantuan satelit untuk mencarikan jalan tercepat ke tujuan.

"Banyak orang membutuhkan waktu 60-90 menit di mobil. Jika kita bisa menghemat waktu, itu akan sangat berharga," ujarnya di automotive news, Rabu (11/4/2012).

GM sendiri sudah mulai melakukan serangkaian percobaan terkait mobil tanpa pengemudi ini bersama Google yang juga melakukan hal yang sama.

Namun yang kini dipersiapkan untuk menyongsong era mobil tanpa pengemudi itu menurut Burns adalah aturannya. Sebab dia menganggap harus ada regulasi yang mengatur hal ini. Pabrikan mobil pun harus memutar otak untuk beradaptasi dengan setiap aturan yang ada.

"Kita harus memiliki kebijakan dan hukum untuk mencari tahu saat berkendara mobil ini," katanya.

"Ini tidak akan menjadi salah satu terobosan yang pada titik itu akan menyenangkan pelanggan, itu akan menjadi perbaikan dari banyak faktor," tandasnya.

Mobil-mobil tanpa pengemudi ini pada dasarnya tetap bisa dikemudikan secara manual oleh tiap orang. Hanya saja, ada fitur seperti auto-pilot pada pesawat. Dengan fitur ini sistem komputer akan mampu mengambil alih kemudi dari manusia ketika sang pengendara sedang sibuk terhadap hal lain seperti menelpon, misalnya.

Perangkat radar, sensor, kamera, GPS dan perangkat komunikasi portabel di mobil masa depan akan pula berinteraksi antara satu mobil dengan mobil lain.

Dengan perangkat ini, diperkirakan angka kecelakaan akan menurut. Sebab sistem keselamatan masa depan akan membantu pengendara bahkan sebelum mereka menyadari situasi berbahaya secara otomatis.

Sebelumnya, GM sudah melakukan penelitian terkait teknologi ini sejak 2007 silam dimana Chevrolet Tahoe dimodifikasi sedemikian rupa agar mampu berjalan sendiri tanpa awak dari California ke basis Angkatan Laut Amerika yang jaraknya 55 mil.

source: detik.com
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Home | Contact Us | Privacy Policy
Copyright © 2013. Automotive Design Share - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger